Tutorial Web 1

Halo sobat mikrodb..lama ga update tulisan...kesibukan di luar banyak sob..jadi maaf yah jarang update artikel nya.
Kali ini mikrodb coba share artikel tentang pemrograman web.

Kalau kita pengen bikin atau kembangin suatu aplikasi berbasis web, maka secara umum ada 3 komponen penting yang mesti kita siapin dulu.


1. Web Server Apache

Apasih web server itu? Saya gambarin gini ya..misal nih kita mau instal MS Office di lepi kita..nah sebelum kita bisa instal office tentu kita mesti instal OS nya dlu kan..alias Windows nya, tanpa sistem operasi windows tersebut , maka ms office hanya berupa file yg tak berguna. Nah untuk membuat aplikasi yang berjalan di internet, hal yang paling penting adalah webserver. Web server menjadi lingkungan paling dasar yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi.
Web server apache adalah webserver yang paling populer dan paling banyak digunakan, kemudian nmr kedua adalah webserver IIS dari microsoft.


2. PHP

PHP adalah sebuah bahasa pemrograman untuk membuat sebuah aplikasi berbasis web yang bersifat server side scripting. Sebagai contoh , untuk menampilkan kata "Bismillah" pada layar dengan bahasa PHP, perintah nya adalah sbb :

<?php
         echo ("<b>Bismillah</b>"):
?>

Webserver harus bisa memahami dan menjalankan perintah tsb dengan menampilkan kata "Bismillah" dan bukan menampilkan teks tersebut apa ada nya ke dalam browser pengunjung.


3. MySQL

MySQL adalah sebuah database yang digunakan untuk menampung data

Kira2 itu saja 3 point besar yang mesti kita siapin dan kita instal pada pc / lepi kita. Dimana kita bisa mendapatkan software2 tersebut? Ya..sebenernya anda bisa unduh masing2 komponen tersebut di situs2 mereka langsung dan menginstal nya satu per satu, namun disini ada cara yang lebih mudah dan tentunya bebas masalah yaitu dengan menggunakan paket 3 in 1 yang sering disingkat dengan AMP ( Apache , MySQL , PHP ). Jika pc yang kita gunakan menggunakan os WINDOWS, maka anda bisa mengunduh AMP versi windows yang disingkat dengan nama "Wamp Server" atau Windows Apache My SQL dan PHP. Langsung unduh saja dari situs http://www.wampserver.com.

Pada tutorial ini kita menggunakan WampServer 2.0 , jika anda sudah unduh Wamp nya selanjut nya lakukan instalasi seperti biasa. Langkah berikutnya adalah "jalankan wampserver nya".

 

 

maka akan muncul icon notifikasi wampserver nya bahwa sudah berstatus "ONLINE"

Sebelum ke pambahsan lebih lanjut, disni perlu anda ketahui bahwa setiap webserver pasti memiliki direktori kerja atau yang disebut dengan webroot atau document root. Direktori ini difungsikan untuk menyimpan seluruh file aplikasi web yang kita buat, termasuk dokument php. Pada webserver local seperti wamp , folder kerja nya berada di folder instalasi tadi jika kita tidak merubah nya ( default )


Dengan meletakkan script2 code web anda yang akan dibuat nanti pada direktori tersebut ( C:\wamp\www ), maka anda bisa mengakses hasil nya langsung dari browser dengan mengetikan alamat : http://localhost/nama_file.php atau bisa juga
http://127.0.0.1/nama_file.php . Jika anda ingin membuat bbrp percobaan , maka anda bisa menempatkan nya di folder baru yang bisa anda buat, sehingga untuk membuka isi folder dari browser, maka anda cukup mengetikan http://localhost/nama_folder

Untuk pengujian pertama , apakah webserver apache , php , maupun mySQL sudah work atau belum, skrg coba jalankan browser dan ketikkan : http://localhost.
Jika webserver apashe berjalan dengan baik, seharusnya anda akan melihat halaman informasi mengenai konfigurasi server anda. seperti gambar dibawah ini :


Sampai disni semua berjalan lancar kan...Dipembahasan berikut nya, kita akan mulai membahas pemrograman pendukung aplikasi. Karena akan banyak yang dibahas jika bermain aplikasi web ini , PHP, HTML, CSS, Javascript, JQuery, Ajax , MySQL.

Nantikan pembahasa selanjut nya... mohon sabar y sob.. :D


Add comment


Security code
Refresh