Module MODBUS "MIO" Meet SCADA SOFT Via OPC Server PART I

Modbus adalah protokol komunikasi serial yang dipublikasikan oleh Modicon pada tahun 1979 untuk diaplikasikan ke dalam programmable logic controllers (PLCs). Modbus sudah menjadi standar protokol yang umum digunakan untuk menghubungkan peralatan elektronik industri. Beberapa alasan mengapa protokol ini banyak digunakan, antara lain:

  • Modbus dipublikasikan secara terbuka dan bebas royalti
  • Mudah digunakan dan dipelihara
  • Memindahkan data bit atau word tanpa terlalu banyak membatasi vendor

Modbus mampu menghubungkan 247 peralatan (slave) dalam satu jaringan atau master, misalnya sebuah sistem yang melakukan pengukuran suhu dan kelembapan dan mengirimkan hasilnya ke sebuah komputer. Modbus sering digunakan untuk menghubungkan komputer pemantau dengan remote terminal unit (RTU) pada sistem supervisory control and data acquisition (SCADA).

 

Beberapa variasi Modbus, antara lain:

  • Modbus RTU - Merupakan varian Modbus yang ringkas dan digunakan pada komunikasi serial. Format RTU dilengkapi dengan mekanisme cyclic redundancy error (CRC) untuk memastikan keandalan data. Modbus RTU merupakan implementasi protokol Modbus yang paling umum digunakan. Setiap frame data dipisahkan dengan periode idle (silent).
  • Modbus ASCII - Digunakan pada komunikasi serial dengan memanfaatkan karakter ASCII. Format ASCII menggunakan mekanisme longitudinal redundancy check (LRC). Setiap frame data Modbus ASCII diawali dengan titik dua (":") dan baris baru yang mengikuti (CR/LF).
  • Modbus TCP/IP atau Modbus TCP - Merupakan varian Modbus yang digunakan pada jaringan TCP/IP.

 

Variasi Modbus dapat diaplikasikan pada port serial dan ethernet dan jaringan lainnya yang support dengan internet protocol suite. Sebagian besar peralatan Modbus menggunakan port serial RS-485. Konsep dasar komunikasi Modbus terdiri master dan slave. Peralatan yang bertindak sebagai slave akan terus idle kecuali mendapat perintah dari master. Setiap Peralatan yang dihubungkan (slave) harus memiliki alamat unik. Sebuah perintah Modbus dilengkapi dengan alamat tujuan perintah tersebut. Hanya alamat tujuan yang akan memproses perintah, meskipun peralatan yang lain mungkin menerima perintah tersebut. Setiap perintah modbus memiliki informasi pemeriksaan kesalahan untuk memastikan data diterima tanpa kerusakan. Perintah dasar Modbus RTU dapat memerintahkan peralatan untuk mengubah nilai registernya, mengendalikan dan membaca port I/O, serta memerintahkan peralatan untuk mengirimkan kembali nilai yang ada pada registernya.

Sumber : http://id.wikipedia.org

Menyinggung soal SCADA, sistem SCADA memiliki fungsi sebagai Telemetry dan Telecontrol. Sehingga kelebihan dari sistem SCADA ini, dapat melakukan pengawasan dan pengendalian banyak plant yang letak nya berjauhan. Protokol Modbus banyak dipakai pada sistem SCADA, beberapa vendor menggunakan modbus untuk peralatan mereka sehingga memudahkan integrasi dari satu sistem ke sistem lain nya. Apalagi dengan munculnya teknologi OPC ( OLE for Process Control ; OLE = Object Linking and Embedding ) yang mendukung VTQ ( Value , Time , Quality ). Industrial protocol yang lama seperti Modbus hanya mengkomunikasikan Value (parity check optional), sehingga Modbus OPC Server melakukan time stamping dengan menggunakan dari RTC (Real Time Clock) pada PC dimana OPC Server tersebut dijalankan, dan Quality atau status flag diberikan berdasarkan komunikasi. Kalau komunikasi normal maka diberikan status 'good', sedangkan pada keadaan communication error diberikan status 'bad'.

Bagi yang ingin membangun sebuah sistem SCADA, baik untuk proses pembelajaran / pekerjaan dan mungkin terkendala dengan harga device ( PLC ) yang mahal, disini kami membuat sebuah modul berbasis Mikrokontroler AVR yang bisa dikomunikasikan dengan Soft Scada via OPC Server, yang kemudian kami beri nama "Module MIO ( Mikro IO )", Modul MIO memeiliki banyak varian, namun untuk saat ini kami baru mengembangkan Modul MIO8 dengan core chip ATMEGA8 dan saat ini baru bisa dikomunikasikan dengan SOFT SCADA ICONICS, kedepan akan terus kami kembangkan dan coba untuk menghubungkan ke SOFT SCADA lainnya.

Berikut adalah tamilan percobaan dengan simulasi Proteus --> OPC SERVER



Prototype Module MIO8



Dengan Modul MIO ini kita bisa membangun sistem SCADA tanpa harus membeli PLC. karena MODUL MIO ini sudah menggantikan fungsi PLC tersebut, atau bahkan jika diinginkan juga bisa di komunikasikan satu sama lain.

Seperti yang telah kami singgung di atas, bahwa untuk saat ini Module MIO baru bisa dikomunikasikan dengan SCADA ICONICS, kedepan kami akan terus mengembangkan dan mencoba untuk bisa dikomunikasikan dengan beberapa variant SCADA lain.

Berikut tampilan percobaan ON/OFF ke Dout 0 - 3 dari SCADA ICONICS


Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih jauh mengenai modul MIO atau bagi yang berkeinginan memiliki modul MIO + tutorial membangun Sistem SCADA bisa menghubungi kami di FB FanPage kami :

Mikrodb Innovation







 

Add comment


Security code
Refresh