EmDeBe Hex Loader - Load Hex to Arduino Board



Emdebe Hex Loader ini berawal dari pertanyaan sekaligus ide seorang kawan,  Bisa ga kalau mau pakai Board Arduino tapi tidak ingin menggunakan IDE Arduino nya?. Jadi inginnya tetap menggunakan bahasa pemrograman yang sudah familiar. Mungkin juga sebagian dari kita,  sedang mempunya project dengan based Arduino Board sebagai main board nya, akan tetapi masih terkendala dari segi bahasa pemrograman nya. Kalaupun mau belajar dulu, pasti butuh waktu , akhir nya keinginan untuk tetap bisa menggunakan Board Arduino, dengan menggunakan bahasa pemrograman yang sudah dikuasai. Coba googling2 dan nongkrong di forum2 soal bahasan ini..dan akhir nya dapat jawaban nya "Bisa". Dan mulailah dibuat  software ini ( Emdebe ).

Sebelum nya, saya contohkan dulu program Hello Word ( Blink Led ) menggunakan IDE nya Arduino, seperti dibawah ini.


IR Remote YK001 Using Arduino Uno

Untuk membaca kode IR remote tv/dvd/ac/mp3 dll , kita memerlukan sebuah Infra Red Receiver atau biasa di sebut Photo Transistor. Ada beberapa jenis Photo Transistor yang ada di pasaran, seperti gambar di bawah ini.

Untuk keperluan praktikum kali ini, sediakan :
1. Remote mp3 player tipe YK-001
2. IR Receiver
3. Resistor 10k
4. Arduino Uno

Langkah pertama buatlah rangkaian seperi dibawah ini:

Tutorial RFID "Wiegand 26" + Arduino Uno


Wiegand26  adalah sebuah protokol standart industri yang banyak digunakan pada mesin-mesin card reader (RFID). Seperti contoh dalam bahasan kali ini, saya menggunakan sebuah RFID Reader merk Falco model AY-Y20. Ini adalah salah satu jenis reader dengan format Wiegand26. Artinya saat sebuah kartu rfid kita tap ke reader ini, maka output nya akan dikodekan sebagai data biner 26bit. melalui jalur D0 dan D1.

Berikut adalah fitur dari RFID Reader ini:
a). 125KHz EM Card
b). Read range up to 10 cm
c). 26bit Wiegand
d). Easy to install on Metal Door Frame Mullion.
e). External LED control
f).  External buzzer control.
g). Indoor/ Outdoor Operation
h). Solid Epoxy Potted
i).  Waterproof
j).  Reverse Polarity Protection

Berikut foto dari RFID Reader Falco AY-Y20