Mengukur Jarak Menggunakan Sensor Ultra Sonic HC-SR04 Menggunakan BASCOM AVR - Full Code

Assalamualaikum Wr Wb...

Halo sobat MIKRODB, kali ini saya akan sharing mengenai Sensor Ultrasonic HC-SR04. Kebetulan sekali kemaren kita sedang membahas mengenai sensor tersebut di workshop dan sekalian dah kita share disini. 

Pertama kita perhatikan dulu bentuk fisik dari sensor nya dan konfigurasi pin nya , sbb :

 



1. 5V Supply

2. Trigger Pulse Input

3. Echo Pulse Output 

4. 0V Ground

 

 

 

 


Sensor ini memiliki Range pengukuran antara 2cm - 400cm dengan akurasi kurang lebih 3mm ( sesuai datasheet : http://www.micropik.com/PDF/HCSR04.pdf ) . Sensor ini bisa dikatan cukup bagus untuk membuat bberapa aplikasi sederhana disisi lain harga nya pun cukup murah. Setelah kita mengetahui konfigurasi pin dari sensor ini, selanjutnya adalah prinsip kerja dari sensor ini.

Berikut adalah cara kerja sensor ultrasonics:

1. Pertama kita kasih output logic high pada pin Trigger selama 10uS (10 mikro detik )

2. Selanjutnya module akan secara otomatis memancarkan rentetan 8 buah signal sebesar 40KHz pada Transmitter dan pin pada Echo akan berlogika high  

3. Selanjutnya, ketika ada objek yang menghalangi di depan sensor, maka akan terjadi pantulan signal ultrasonics tersebut dan diterima oleh Receiver sehingga pin Echo akan berlogic Low dan kita akan mendapatkan waktu ( T ) ketika pin echo  berlogic High sampai pin echo berlogic Low tersebut kita kalikan dengan kecepatan rambat suara di udara (340m/s ). Lalu hasil nya kita bagi 2, karena waktu ( T ) yang di dapat tadi adalah hasil dari pantulan / waktu bolak balik. 


Kurang lebih  cara kerjanya adalah seperti itu, jika ada kekeliruan mohon di koreksi ya gan. Oke , selanjutnya kita akan mulai membahas masalah Program, disini saya menggunakan bahasa Basic dan Bascom AVR sebagai compiler nya. Ada beberapa cara untuk masalah perhitungan nya, kita bisa menggunakan fasilitas Timer yang disediakan pada AVR atau kita bisa menggunakan teknik Increment nilai variabel secara konvensional. Namun untuk bahasan kali ini saya akan menggunakan fasilitas Timer. Pada AVR terdapat 3 buat Timer yang bisa kita pilih ( Timer 0 dan 2 : Timer 8 bit , dan Timer 1 : Timer 16 bit ). 

Berikut adalah Program Lengkap nya :

'==================================================================

Sistem Parkir Otomatis

Sistem parkir adalah suatu sistem pengelolaan parkir yang dapat diterapkan di berbagai lokasi seperti : rumah sakit, hotel, mall, trade center, gedung perkantoran, komplek ruko, komplek perumahan, dan lain sebagainya. Di era digital saat ini, maka sistem parkir merupakan suatu kebutuhan bagi khalayak umum yang berkunjung ke  suatu lokasi umum / komersil. Perusahaan yang melakukan pengolahan parkir tentu menghendaki agar sistem parkirnya profesional dan modern. 

 

Sebelum nya kami jelaskan bahwa, sistem parkir terbagi menjadi 3 sistem :

 

1. Sistem Non Comercial
Dimana sistem ini menggunakan access control / access dorr dalam penggunaan untuk buka / tutup palang parkir. Jadi semua yang masuk dan keluar membawa kendaraan wajib menggunakan kartu / jari atau pin untuk dapat akses palang parkir nya. 
Contoh untuk sistem yang terpasang umumnya di perumahan  / cluster, kantor swasta atau pemerintahan yang dikelola sendiri, building yang tidak meminta bayaran untuk biaya parkir semua kendaraan yang masuk dan parkir pada building tersebut.

 

2. Sistem Commercial
Dimana sistem ini tidak menggunakan access control dalam membuka palang parkir. Umumnya pengguna yang membawa kendaraan saat masuk akan disediakan tombol untuk ditekan lalu keluarlah struk sebagai tanda bahwa kendaraan boleh masuk dan tercatat di sistem. Kemudian saat akan keluar maka struk wajib diserahkan untuk di cek via barcode oleh sistem untuk lama parkir dan jumlah tagihan parkir yang harus dibayar.

Sehingga sistem ini hanya memiliki software billing, hardware interface dari tombol untuk keluar struk dan ke mesin palang parkir.

 

3. Sistem COmmercial dan Non Commercial ( combo )
Sistem ini gabungan antara sistem commercial dan non commercial, mungkin dikarenakan kondisi dilapangan menginginkan bahwa sistem struk ( commercial ) an sistsem kartu rfid ( non commercial ) harus berjalan bersamaan.

Contoh perkantoran / building yang disewakan, untuk tenant / karyawan saat masuk menggunakan kendaraan maka wajib tab kartu lalu palang parkir akan terbuka dan untuk tamu maka wajib tekan tombol dan terima struk lalu palang parkir terbuka.

 

Nah, bagi anda yang membutuhkan Sistem Parkir Otomatis untuk rumah sakit / kantor / perumahan , silahkan hubungi kami. Kami akan berikan penwaran terbaik dan bergaransi.

Berikut dokumentasi pengerjaan Sistem Parkir Otomatis di salah satu Rumah Sakit di Jawa Tengah..

 

 

 

 



UNTUK INFO LEBIH LANJUT  / PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI 
HP/WA : 085232639748

KAMI BERIKAN HARGA TERBAIK DAN BERGARANSI....

 

SALAM SUKSES SELALU

CV.MIKRODB INNOVATION

Jual Papan Display Suku Bunga dan Kurs Bank

JUAL PAPAN DISPLAY SUKU BUNGA dan KURS BANK...

Menerima pesanan sesuai permintaan. Kami berikan harga terbaik bagi anda...Produk berkualitas dan bergaransi...

 


 Untuk info lebih lanjut hubungi kami di :


 Hubungi :

 Pin BB : 7CBDC00A
 Email   : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tutorial Web 1

Halo sobat mikrodb..lama ga update tulisan...kesibukan di luar banyak sob..jadi maaf yah jarang update artikel nya.
Kali ini mikrodb coba share artikel tentang pemrograman web.

Kalau kita pengen bikin atau kembangin suatu aplikasi berbasis web, maka secara umum ada 3 komponen penting yang mesti kita siapin dulu.


1. Web Server Apache

Apasih web server itu? Saya gambarin gini ya..misal nih kita mau instal MS Office di lepi kita..nah sebelum kita bisa instal office tentu kita mesti instal OS nya dlu kan..alias Windows nya, tanpa sistem operasi windows tersebut , maka ms office hanya berupa file yg tak berguna. Nah untuk membuat aplikasi yang berjalan di internet, hal yang paling penting adalah webserver. Web server menjadi lingkungan paling dasar yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi.
Web server apache adalah webserver yang paling populer dan paling banyak digunakan, kemudian nmr kedua adalah webserver IIS dari microsoft.


2. PHP

PHP adalah sebuah bahasa pemrograman untuk membuat sebuah aplikasi berbasis web yang bersifat server side scripting. Sebagai contoh , untuk menampilkan kata "Bismillah" pada layar dengan bahasa PHP, perintah nya adalah sbb :

<?php
         echo ("<b>Bismillah</b>"):
?>

Webserver harus bisa memahami dan menjalankan perintah tsb dengan menampilkan kata "Bismillah" dan bukan menampilkan teks tersebut apa ada nya ke dalam browser pengunjung.


3. MySQL

MySQL adalah sebuah database yang digunakan untuk menampung data

Kira2 itu saja 3 point besar yang mesti kita siapin dan kita instal pada pc / lepi kita. Dimana kita bisa mendapatkan software2 tersebut? Ya..sebenernya anda bisa unduh masing2 komponen tersebut di situs2 mereka langsung dan menginstal nya satu per satu, namun disini ada cara yang lebih mudah dan tentunya bebas masalah yaitu dengan menggunakan paket 3 in 1 yang sering disingkat dengan AMP ( Apache , MySQL , PHP ). Jika pc yang kita gunakan menggunakan os WINDOWS, maka anda bisa mengunduh AMP versi windows yang disingkat dengan nama "Wamp Server" atau Windows Apache My SQL dan PHP. Langsung unduh saja dari situs http://www.wampserver.com.

Pada tutorial ini kita menggunakan WampServer 2.0 , jika anda sudah unduh Wamp nya selanjut nya lakukan instalasi seperti biasa. Langkah berikutnya adalah "jalankan wampserver nya".

 

Jual Running Text Berbagai Ukuran ( Indoor / outdoor )


Ketemu lagi nih...kali ini MIKRODB mau nawarin Running Text berbagai ukuran sesuai kebutuhan..baik untuk di dalam ruangan ( indoor ) atau di luar ruangan ( outdoor ).

Running Text ini sangat cocok untuk papan informasi / papan nama usaha / iklan2 usaha, dll ..dengan menggunakan running text ini akan terlihat lebih dinamis...

 

 

Untuk pemesanan silahkan hubungi :

 Hubungi :

 Pin BB : 7CBDC00A
 Email   : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.